19
Sep
07

itu kan general skill!!!

Suatu sore di sekre aksara (kayaknya udah dua tahun yang lalu deh), ada seorang teteh yang minta tolong saya buat ngebersihin virus. Secara waktu itu saya lagi suka banget sama yang namanya manual removal (dan bangga tentunya dengan itu😛 ), saya pun mulai menjelaskan langkah2nya… (virus di sini adalah kangen.exe)

1. Pertama, jalankan task manager. Task manager ngga akan bisa dijalankan dengan ctrl+alt+del yang biasa dipakai. Berhubung kangen.exe waktu itu adalah virus buatan lokal yang tergolong masih awal, kita masih bisa menjalankan taskmanager dengan mengetik taskmgr.exe dari “Run”. “Run” sendiri bisa diakses dengan memencet win+R (win maksudnya tombol berlogo windows disamping kiri tombol alt). Setelah diketik, klik run sambil menahan-tekan tombol ctrl. Sebenernya ada satu lagi cara menjalankan Task Manager, yaitu dengan ctrl+shift+esc, tapi karena saya waktu itu belum tahu dan saya belum mencoba cara ini pada komputer yang terinfeksi kangen, jadi saya ngga tahu efektifitas cara ini.

2. Matikan proses nya si virus yang berjalan di background (gw lupa apa aja yang harus dimatiin)😛

3. Bersihkan file virus dari hardrive. Gampangnya sih search aja file .exe dan jangan lupa dispesifikkan ukuran filenya (haha, lagi2 udah lupa berapa ukuran file kangen.exe tersebut)😛

4. Jalankan “msconfig” dari “Run” , pilih tab startup, dan kosongkan checkbox yang mengacu pada virus tersebut

pasti rifu lupa kan yang mana aja namanya?😈

iya iya iya!!!! puass? puwwass?

Nah, tapi inti postingan disini bukan prosedur manual removal tersebut. Waktu itu, saya sudah dengan sangat antusias berusaha mengajarkan cara2 tersebut. Namun respon yang saya terima adalah “susah banget?!?!” (yah, atau kurang lebih seperti itu), sementara menurut saya itu sebenernya adalah hal yang mudah. Mudah? Iya lah, saya aja yang tidak mengerti apa2 soal komputer ini aja bisa kok. Maka keluarlah itu, kalimat sakti tersebut.. “itu kan general skill!!!”, itu kan skill umum, gitu lho.

Yang kemudian ditanggapi negatif oleh temen2 yang lagi pada ada di sekre. Mungkin karena nadanya dan kesan yang ditangkap adalah seperti saya sangat merendahkan si teteh yang nanya ke saya itu. Yaah, mungkin waktu itu saya juga ngga sengaja mengeluarkan tatapan-maut-berkesan-merendahkan saya. Sebagian ada juga yang malah bercanda dengan bilang, “iya itu memang general skill” dalam artian skill nya seorang jenderal.

Yaaah, dan kadang2 kalimat sakti itu masih tak sengaja keluar. Seringkali juga mendapat respons tak sedap. Setelah sedikit diamati, mulai keliatan dimana salahnya. Jadi begini, saya menganggap bahwa diri saya itu ngga bisa apa2, oleh karena itu apa yang saya bisa lakukan seharusnya orang lain mesti bisa juga dong? Nah disini nih ada proses blajar yang terlupakan.

Dalam persepsi saya, meskipun memang semua orang berpotensi bisa melakukan apa yang saya lakukan, tapi kan ngga semua orang memiliki minat untuk belajar hal yang sama dengan saya. Dan meskipun mereka juga berminat, kan belum tentu mereka sempat belajar dalam waktu yang sama dengan saya/memiliki waktu untuk mempelajari hal tersebut.

Yah, jadi kalo kapan2 saya ngga sengaja keluar kalimat itu lagi, maafkan maafkan…😀 Namun kalo menurut anda kalimat tersebut keluar dengan kesengajaan, itu artinya saya menantang anda untuk bisa, terserah anda mau atau ngga, ngga masalah😛

Oh ya, dan tentang manual removal itu, saya hampir ga pernah lagi melakukannya. Varian virus lokal sekarang udah terlalu banyak, gila aja kalo saya bisa cara manual removalnya satu per satu. Hahaha, ngabisin waktu dan kreativitas saja. Tapi kalo anda memang menyukai tantangan, kenapa tidak? Atau kayak yang dibilang sora9n, pake system restore aja!!😛

Yang jelas, saya sih sekarang lebih suka pake program antivirus. Namun seiring dengan seringya keluar virus varian baru, maka ya ngga boleh lupa untuk sering2 mengupdate. Ngga tau cara updatenya? Aduh gimana sih, itu kan general skill!!!😆


27 Responses to “itu kan general skill!!!”


  1. September 20, 2007 pukul 5:15 am

    ada yang kelupaan, karena virus kangen itu juga meninggalkan entri di regedit, sebaiknya entri itu juga dihapus.

    jalankan “regedit” dari “Run”, navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE | SOFTWARE | Microsoft | Windows | CurrentVersion | Run
    hapus entri yang mengacu ke kangen. *dan iya, gw emang lupa entri yang mana aja*

    hmmm, meski sebenernya sih registri ini kayaknya mengacu ke startup yang bisa diatur dari msconfig. jadi cara no. 4 dan cara ini sih sepertinya redundant.

    bajak pertamax!!! *sok seleb*:mrgreen:

  2. September 20, 2007 pukul 7:46 am

    pentesan ga tetep ada pirusnya…
    *ga baca comment kelupaan sih*😆

  3. 3 Ina
    September 21, 2007 pukul 7:30 pm

    kl terkena virus cinta…gimana cara ngilangin na yack?

    *nyengir lebar2😀

  4. 5 Rizma
    September 22, 2007 pukul 3:22 pm

    Kalo keseringan, kesel juga dengernya Rifu,,😐
    *sering jadi korban*

  5. September 26, 2007 pukul 4:51 pm

    kalau sekarang aku gak make antivirus😀

  6. 7 cK
    September 29, 2007 pukul 10:33 am

    *scrooolll*

    komen aja deh…🙄

  7. September 29, 2007 pukul 2:50 pm

    Kita punya masalah yang sama, nih… Keseringan ngomong “itu kan gampang!”

  8. September 29, 2007 pukul 2:51 pm

    Kita punya masalah yang sama, nih… Keseringan ngomong “itu kan gampang!”

  9. Oktober 1, 2007 pukul 10:00 am

    Loh, kok komennya jadi dua kali? *bingung*

  10. 11 sibermedik
    Oktober 13, 2007 pukul 10:43 pm

    yups skill standard..tp jarang yg praktek…he5x
    salam kenal..
    assalamualaikum

  11. Oktober 14, 2007 pukul 5:27 am

    salam kenal juga
    wa’alaikum salam:mrgreen:

  12. Oktober 16, 2007 pukul 11:12 pm

    untung pake macs..
    minal aidin wal faidzin,

  13. Oktober 17, 2007 pukul 10:24 am

    kata:”itu kan general skill” jika diucapkan ke org lain yg mmg blm tau, bisa bisa menyinggung perasaan tuh.. dan kesannya s*****g gt deh :mrgreen:

    pendapat aja sih, mungkin akan lebih baik jika diganti dengan: “wah, blm tau rupanya, begini caranya mba/mas..” *hmm.. terdengar nyaman ditelinga*

  14. Oktober 18, 2007 pukul 11:28 am

    @iman
    uhuhu, bikin mupeng…
    ngga nyobain pake linux?:mrgreen:

    @teh Novi
    iya, makanya saya bikin post kaya gini.
    satu, orang lain mendapat kesempatan untuk mengerti dengan apa yang saya maksud ketika saya ngomong “kasar” seperti itu.
    dua, tulisan ini juga menjadi autokritik buat saya.

    btw, kalimat itu, kalo dipadukan sama “pandangan mata merendahkan” efeknya gila juga lho, salah2 dibenci orang.. 😆

    *padahal tidak berniat*

  15. Oktober 19, 2007 pukul 2:18 pm

    yah itulah..
    orang2 pada malez baca manual…

  16. Oktober 19, 2007 pukul 10:22 pm

    tepat sekali, males baca manual lah, malas baca TOS lah, malas baca peraturan akademik lah.

    dan yang paling disayangkan, malas nyobain sendiri:mrgreen:

    salam kenal, makasih udah main ke blog saya🙂

  17. 18 miftah_keren
    Oktober 24, 2007 pukul 11:53 am

    waktu tepebe aku juga sering keceplosan gitu, tapi sekarang udah sembuh… hehe
    sembuh? emang sakit ya…
    tapi, ada kebanggaan tersendiri sih emang kalo bisa melakukan sesuatu yang orang lain ga tau (walaupun cuma general skill). –waktu itu bisa ngapus si kangen yang menyebalkan itu dari san2–
    dan satu lagi kekurangan orang indonesia, takut nyoba2.
    pedahal, intinya bisa itukan dari nyoba2. coba kalo pak james watt ga nyoba2, berabe kan… secara aku juga jadi lumayan ngerti corel, movie maker, ama video9studio juga barang nyoba2…
    oia, dalam urusan per-virus-an aku juga pernah nyoba2 yang malah bikin komputerku musti install ulang dua kali. tapi gapapa, kan ada kang opik. hehe

  18. Oktober 24, 2007 pukul 4:12 pm

    no pain no gain:mrgreen:

    makasih sudah main ke blog ku Mift, padahal udah disuruh dari dulu😛

  19. Oktober 25, 2007 pukul 10:59 pm

    pake aja tool smadav enak loh

  20. Oktober 26, 2007 pukul 6:51 am

    Problemm…😕

    *mikir*

    *stress*

    *melayang ke sorga*

  21. Oktober 26, 2007 pukul 7:10 am

    @han
    pake linux aja enak loh:mrgreen:

    @rozenesia
    tarik kembali ke bumi😈

  22. 23 benbego
    Oktober 28, 2007 pukul 8:14 pm

    jadi gitu to manualnya. sayang ya kangen dah lama ancur..!

  23. Oktober 28, 2007 pukul 9:10 pm

    ngga juga, saya yakin kangen pasti menemukan tempat bertahan hidup di warnet kumuh fakir benwit yang ngga perduli buat masang antivirus demi kenyamanan pelanggan atau di harddisk orang seperti saya yang suka ngoleksi virus😛

    tks for coming😀

  24. Oktober 30, 2007 pukul 10:34 am

    ntar, kalo ud punya duit😛
    tks for coming😀


Tinggalkan Balasan

berapa orang sih yang hadir?

tracker

Parameter eksistensi kah?

  • 93,182 hits

